menunavigasihorisontal

Gambar Bergerak

Header

Header

Senin, 23 Januari 2012

SMA Al Irsyad Sosialisasikan Hasil UAN 60 - 40

Sebagai langkah awal menerapkan standar operasional pelaksanaan Ujian Negara (UN) tahun 2012. SMA Al- Irsyad Kota Tegal  mengadakan sosialisasi pelaksanaan UN kepada para orang tua murid kelas XII.

Acara yang dilaksanakan Sabtu, (21/01/ 2012) mulai pukul  09.00 WIB, bertujuan agar orangtua siswa dapat memberikan motivasi dan dorongan semangat bagi anak – anaknya yang akan menempuh ujian pada tanggal 16 - 19 April 2012 nanti.

Menurut Wakasek Kesiswaan SMA Al – Irsyad Kota Tegal, Drs. M. Yusuf Alwi, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) April mendatang berbeda dengan UN tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, siswa yang tidak lulus mengikuti ujian ulangan. Sementara pada tahun ini, penilaian siswa yang lulus adalah 60-40 persen. Yakni, 60 persen ditentukan hasil ujian dan 40 persen berdasarkan penilaian dari sekolah.</p><p>Oleh karena  itu, perlu adanya pemahaman kepada orang tua dan siswa, supaya perubahan sistem tersebut dapat disikapi dengan bijak, sehingga hasilnya nanti dapat maksimal. “kami memberikan sosialisasi terhadap orang tua dan siswa, mengenai pelaksanaan UN pada April mendatang. Supaya ada kerjasama antara sekolah dan orang tua wali serta siswa sendiri,” jelasnya.



Senada dengan Yusuf, Waryadi, S.Pd Humas SMA Al-Irsyad Kota Tegal mengatakan,  pelaksanaan UN tahun ini ada perubahan sistem. Dimana, penentuan kelulusan siswa yaitu 60-40 persen. Yakni, 60 persen hasil ujian dan 40 persen penilaian dari sekolah. Penilaian dari sekolah, yakni, penggabungan nilai dari semeser 3 hingga semester 5 untuk tingkat SMA dan SMK.

Hal inilah, yang harus dipahami oleh orang tua agar bisa bekerjasama dan memantau pendidikan anaknya di rumah, sehingga tidak ada kekecewaan terhadap hasil UN siswa nanti. Di samping itu, pada tahun ini perubahan sistem yang terjadi yaitu, pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan sebelum UN. “Tahun sebelumnya UAS dilaksanakan setelah UN, namun kali ini UAS didahulukan,” terangnya. Dengan adanya sosialisasi kepada orangtua siswa, diharapkan Orangtua siswa mengetahui seputar pelaksanaan UN, dan ikut memantau peningkatan belajar anak-anaknya, sehingga mengurangi waktu untuk bermain bagi sang anak.

sumber