menunavigasihorisontal

Gambar Bergerak

Header

Header

Senin, 16 April 2012

Walikota Tinjau Pelaksanaan UN Tahun 2012

Walikota Tegal Ikmal Jaya didampingi kepala dinas pendidikan dan kepala kantor kementerian agama Kota Tegal senin (16/04) pagi meninjau langsung pelaksanaan ujian nasional tahun 2012 di sejumlah sekolah menengah atas, menengah kejuruan dan madrasah aliah negeri atau MAN Kota Tegal.

Dalam tinjauan kali ini, Walikota menyatakan bakal memberi sanksi tegas bagi oknum yang membocorkan kunci jawaban ujian. Walikota Tegal Ikmal Jaya mengatakan sanksi tegas bakal diberikan bagi oknum lembaga pendidikan, dinas, guru maupun siswa yang melakukan kecurangan saat pelaksanaan ujian nasional. Sanksi tegas bakal diberlakukan sesuai dengan peaturan perundangan yang berlaku.

Secara umum, pelaksanaan ujian nasional di Kota Tegal berjalan baik termasuk dengan waktu distribusi soal yang dimulai pukul 6.45. Namun menurut Ikmal,

pada ujian nasional tingkat SMA,SMK dan MA hari pertama ini, hanya 1 siswa  SMK Negeri 3 Kota Tegal dari jurusan multimedia tidak bisa mengikuti ujian nasional dikarenakan sakit dan 1 siswa SMA Al-Irsyad Tegal dari jurusan IPS walau dalam kondisi sakit, alhamdulillah masih bisa mengikuti UN. Bagi siswa yang tidak mengikuti ujian nasional bisa mengikuti ujian susulan 1 minggu setelah pelaksanaan ujian selesai.

Pada UN kali ini, Ikmal menargetkan tingkat kelulusan siswa bisa mencapai 100 persen. Sebab di tahun sebelumnya tingkat kelulusan mencapai 98,5 persen. Sementara kepala dinas pendidikan Kota Tegal Titik Andarwati mengatakan, ujian nasional tingkat SMA atau sederajat tahun 2012 ini diikuti 2.149 siswa SMA dan MA serta 2.609 orang siswa SMK.

Sedangkan terkait dengan kelulusan siswa dihitung dari hasil perolehan  nilai ujian akhir sekolah sebesar 40 persen dan nilai ujian nasional sebesar 60 persen. Titik menambahkan nilai minimal mata pelajaran UN juga harus 5,5. Jika terdapat nilai dibawah angka tersebut dinyatakan tidak lulus. 





*) sumber